KUALITAS LAYANAN STUDIO MUSIK VOZ DI PAKUALAMAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i2.1564Keywords:
kepuasan pelanggan, kualitas layanan, studio musikAbstract
Kualitas layanan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan bersedia untuk menggunakan layanan kembali, bahkan merekomendasikannya pada orang lain. Meningkatkan kualitas layanan tentu dapat meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan terhadap layanan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan studio musik voz yang hasilnya ditindaklanjuti sebagai pertimbangan peningkatan kualitas layanan dalam rangka mengembangkan usaha dan menjaga kesetiaan pelanggan studio musik voz. Penelitian ini melakukan survei terhadap 40 orang penyewa studio musik voz berusia 15 tahun atau lebih dengan frekuensi kunjungan minimal 3 kali dalam jangka waktu 3 bulan terakhir. Penelitian ini merekomendasikan: (1) mengadakan evaluasi kerja karyawan secara berkala sembari berlibur agar dapat men-charge kembali semangat karyawan dan meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan, (2) mengikutsertakan karyawan pada training/workshop terkait layanan studio musik voz, (3) meningkatkan kemudahan transaksi secara online seperti ovo dan gopay atau platform transaksi online lainnya, sehingga transaksi tercatat secara otomatis dan meningkatkan rasa aman pelanggan ketika bertransaksi, (4) menambah software mesin kasir dalam gadget agar pembayaran dapat terdokumentasi secara rapi dan jelas sehingga meningkatkan rasa aman pada pelanggan.Downloads
References
Parasuraman, A.; Zeithaml, V.A.; Berry, L.L. Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. J. Retail. 1988, 64, 12.
Midor, K., & Ku?era, M. (2018). Improving the Service with the Servqual Method. Management Systems in Production Engineering, 26(1), 60–65.
Nuridin, S. M. (2018). Effect of service quality and quality of products to customer loyalty with customer satisfaction as intervening variable in PT. nano coating Indonesia. International Journal of Business and Applied Social Science, 4(1), 19-31.
Shafiq, A., Mostafiz, M. I., & Taniguchi, M. (2019). Using SERVQUAL to determine Generation Y’s satisfaction towards hoteling industry in Malaysia. Journal of Tourism Futures, 5(1), 62–74.
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Suminar, Ratna. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Hypermarket. Jurnal Sekretari, 4(1), 1-27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.