Perancangan Merchandise Sebagai Media Promosi Isbi Aceh Berbasis Ornament Aceh

Authors

  • Niko Andeska Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Muhammad Ghifari Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Rino Yuda Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.15231

Keywords:

ISBI_Aceh, Merchandise, Ornamen_Aceh, ISBI Aceh, Merchandise, Ornamen Aceh

Abstract

Ornament sebagai salah satu sumber budaya Aceh selayaknya mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak agar kehadiran ornament Aceh tetap terjaga, hal tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui penciptaan cenderamata instansi pemerintahan. Institut Seni Budaya Indonesia sebagai salah satu instansi pemerintah dalam bidang pendidikan, peneliti menawarkan penerapan beberapa ornament Aceh yang pada karya cenderamata sebagai penguatan identitas visual Institut Seni Budaya Indonesia Aceh melalui keilmuan kriya dan desain dengan pendekatan estetik, merchandise yang akan diciptakan berupa plakat, selendang, pouch bag dan lainnya. Dengan demikian penciptaan cenderamata dengan menerapkan ornament Aceh dapat berfungsi sebagai pencitraan identitas visual Institut Seni Budaya Indonesia Aceh. Metode dan teknik dalam mewujudkan merchandise ini dengan menggunakan metode kreatif Design Thinking. Penelitian ini diawali membuat pattern yang kemudian ditransformasiken ke berbagai bentuk merchandise.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andeska, N., Kartika, D. S., & Martion, M. (2017). Tungku Tigo Sajarangan Pada Era Globalisasi Dan Visualisasi Dalam Kriya Seni. Bercadik: Jurnal Pengkajjian dan Penciptaan Seni, 4(2), 173.

Andeska, N. (2018). DAUN SIRIH MERAH SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KRIYA KAYU. Jurnal Warna, 2(1), 30-38.

Anggraini, Lia S dan Kirana Nathalia. 2014.Desain Komunikasi Visual. Bandung: Nuansa Cendekia.

Brown, T. (2008). Design Thinking. Havard Business Review

Leigh, Barbara, (1989). Tangan-tangan trampil seni kerajinan Aceh Seni Kerajinan Aceh : Hand of time the craft of Aceh; terjemahan, Latifa Thajeb Tirtosudiro. Djambatan: Jakarta

Hendriyana, Husen. 2018. Metodologi Penelitian Penciptaan Karya. Bandung: Sunan Ambu Press.

Kartika, Dharsono Sony. 2017. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa sains.

Kelley, D., & Brown, T. (2018). An introduction to Design Thinking.Institute of Design Thinking at Stanford.

Muryanto & Wahyuni, Sri. (2023). PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN APLIKASI E-KY BERBASIS WEB PADA PT PANTJA INTI PRESS INDUSTRI. Jurnal informasi dan Komputer Vol: 11 No:2

Pahira, G., Kusuma, R. P., & Suhendar, H. (2022). PERANCANGAN DESAIN MERCHANDISE MENGGUNAKAN METODE KREATIF SEBAGAI PROMOSI BRAND PRODUK (STUDI KASUS: GIFA GROUP). Jurnal Digit, 12(1), 103-114.

Sinaga, A., & Sawitri, D. (2024). Meningkatkan Citra Merek Melalui Desain dan Identitas Visual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juli 2024, 10 (14), 279-287

Sutanto, S.M., Budiwaspada., A.E., Rudiyanto, G. (2020). MERCHANDISE SEBAGAI PENDUKUNG VISUAL BRANDING UNTUK KEKAYAAN INTELEKTUAL LOKAL. Jurnal Seni & Reka Rancang Volume 2, No.2, April 2020, pp 231-242

Tama, A. K. W., Novena, M. D., & Lestari, S. (2017). Perancangan Merchandise Guna Menunjang Efektivitas Promosi. Journal Sensi, 3(1), 92-104.

Wiyasa, I.N.N., Jana, M.I., Sumantra., M.I. (2023). Bentuk Kekarangan Sebagai Ide Penciptaan Kriya Seni. SEGARA WIDYA Jurnal Penelitian SeniVolume 11No. 2. P42-51

Yoselinus, R.F., Harnoko Irwan., Utomo, N.W.P. (2022). PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN MEDIA PROMOSI GRIYA SARANA LABEL. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, Volume 7, Nomor 2, Oktober 2022, pp 235-246

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Andeska, N., Ghifari, M., & Yuda, R. (2024). Perancangan Merchandise Sebagai Media Promosi Isbi Aceh Berbasis Ornament Aceh. DESKOVI : Art and Design Journal, 7(2), 159–166. https://doi.org/10.51804/deskovi.v7i2.15231