Analisis Gaya Visual Karakter “Webtoon Sri Asih VS Movie Sri Asih”
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i2.15188Keywords:
Film, Comics, Semiotics, Sri Asih, WebtoonAbstract
Komik merupakan salah satu bentuk hiburan yang awalnya berupa buku dan bisa dibeli secara langsung kini mulai mengikuti perkembangan zaman dengan membuat platform online untuk menjangkau audiens yang lebih luas yakni platform bernama webtoon. penelitian ini berfokus pada visual komik nusantara webtoon sri asih yang menggunakan gaya ilustrasi korea vs movie sri asih karya ra kosasih yang mengangkat tema superhero. karakter sri asih pada webtoon digarap oleh tim bumilangit dengan cerita komiknya ditulis oleh archie the redcat sebagai penulis cerita dan devita krisanti sebagai ilustrator webtoon tersebut meneruskan warisan dari ra kosasih, merupakan bapak komik indonesia. sedangkan sri asih movie merupakan adaptasi dari seri buku komik klasik indonesia, sri asih karya r. a. kosasih tahun 2022 yang disutradarai oleh upi. metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. analisis secara visual dengan menggunakan semiotika barthes. tahapan penelitian ini dilakukan mulai dari mencari rumusan masalah, pemilihan sampel visual sri asih, pengumpulan data, analisa data dan penarikan kesimpulan yang diambil berdasarkan keseluruhan analisa hasil penelitian. dari hasil penelitian, kita bisa melihat bahwa karakter “sri asih” ini berhasil merepresentasikan karakter pahlawan super wanita yang menginspirasi dan memberikan kontribusi positif dalam mendorong kesetaraan gender dan mewujudkan representasi perempuan yang kuat.
Downloads
References
Bonneff, M. (1998). Komik Indonesia. Jakarta: KPG
Budiono, N. R. N. (2018). Avant-Garde Sebagai Ilustrasi Mitos Dewi Sri. Pantun: Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 3(1). https://doi.org/10.26742/pantun.v3i1.881
Diego, D. (2016). Feminisme dalam Cover Komik Sri Asih Sebagai Komik Klasik Pertama Indonesia. Tingkap, XII(2), 136–146.
Iwabuchi, Koichi dan Huat, Beng Chua. 2008. East Asian Pop Culture: analyzing the Korean Wave. Hong Kong: Hong Kong University Press
Korean Culture and Information Service. 2011. The Korean Wave: A new pop culture phenomenon. Korean Culture and Information Service Ministry of Culture, Sports and Tourism
Triandjojo, Indriani. 2008. Semiotika Iklan Mobil di Media Cetak Indonesia. Thesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro
Semarang
Tyagi, D. K. (2021, December 1). ANALISIS VISUAL KARAKTER SRI ASIH CELESTIALGODDESS DENGAN TEORI MANGA MATRIX. Tyagi | Sanggitarupa. https://jurnal.isiska.ac.id/index.php/sanggitarupa/article/view/4169
Wardani, Nuril K., and Aninditya Daniar. "Analisis Semiotika pada Iklan Sanzer Hand Gel Seri ‘Doorknob'." Gestalt, vol. 3, no. 2, 2021, pp. 125-140, doi:10.33005/gestalt.v3i2.99.
Wibowo, Paul Heru. 2015. Si Jampang Jago Betawi, Kajian Tokoh dalam Komik Ganes TH. Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DESKOVI : Art and Design Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.