Literasi Numerasi Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Ragam Hias Papua Menggunakan Limbah Anorganik dan Teknik Khombow
DOI:
https://doi.org/10.51804/deskovi.v6i1.13111Keywords:
limbah anorganik, literasi numerasi, ragam hias papua, teknik khombowAbstract
Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai ragam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendasar numerasi anak usia dini melalui pembelajaran seni rupa dalam penerapan ragam hias tradisional Papua dengan motif Tifa Sentani menggunakan limbah anorganik (kaleng bekas) dan teknik lukis khombow. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan numerasi dalam pembelajaran ragam hias geometris yang diukur mencakup kecakapan logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan matematika yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi kuantitatif dan spasial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar visual menggunakan konsep dan pengetahuan numerasi (matematika) menjadi media alternatif untuk mengembangkan pembelajaran berbasis konteks kearifan lokal. Pembelajaran numerasi pada anak usia dini dalam menggambar ragam hias tradisional dapat mengintegrasikan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, sehingga anak dapat memiliki kemandirian dalam memecahkan permasalahan untuk mengambil keputusan dan menyesuaikan diri secara konstruktif di lingkungan sosial.Downloads
References
Abidin, Y., dkk. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7294.
Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–51. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.150.
Hayati, M., & Supriyadi, E. (2022). Pembelajaran Literasi dan Numerasi di SMP Islam Nurul Yaqin dalam Pembelajaran Seni Budaya. PapandaJournal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR), 1(1), 47-53. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i1.162.
Fani, G., & Angge, I. C. (2021). Pemanfaatan Kaleng Bekas untuk Pembuatan Karya Logam Teknik Tekan BersamA FP2M. Jurnal Seni Rupa, 9(3), 279-293. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/42453.
Hutabarat, R. M. (2021). Kegiatan Literasi Di PAUD Petra Sion Indonesia Menggunakan Media Whatsapp. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI), 3, 55-60. http://digilib.unimed.ac.id/41221.
Kristanto, M., dkk. (2013). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan sebagai Media Pembelajaran melalui Pemanfaatan Limbah KDP (Kertas, Daun, dan Plastik) Paud Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 43–63. https://doi.org/10.26877/paudia.v2i1%20mei.370.
Niss, M. A., & Højgaard, T. (2019). Mathematical competencies revisited. Educational Studies in Mathematics, 102(1), 9-28. https://doi.org/10.1007/s10649-019-09903-9.
Rai, I. W. (2021). Tifa Di Tanah Papua dalam Perspektif Etnomusikologi. Jurnal Penelitian Arkeologi Papua dan Papua Barat, 12(2), 115-132. https://doi.org/10.24832/papua.v12i2.290.
Riyanti, M. T. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Kaleng Bekas menjadi Produk Bernilai Ekonomi Pada Guru Sekolah Luar Biasa Di DKI Jakarta. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 64-69. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v2i2.1034.
Roostin, E. (2021). Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun dengan Media Montessori Number Rods. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 801–808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093.
Setyaningsih, H., & Yermiandhoko, Y. (2015). Pemanfaatan Unsur Seni Rupa Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Menggambar Dekoratif di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 3(2), 254-355.
Suharyoso, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Menggambar Ragam Hias Geometris dengan Kertas Lipsi. Dimensi: DKV Seni Rupa dan Desain, 6(1), 105-121. https://doi.org/10.25105/jdd.v6i1.9136.
Supangkat, J. & Jaelani, R.A., (2006). Ikatan Silang Budaya: Seni Serat Biranul Anas. Bandung: Art Fabrics KPG.
Syarifah, M. & Bramantha, H. (2017). Desain Riset: Perkembangan Keterampilan Pengukuran Siswa SD melalui Permainan Penteng. Cermin: Jurnal Penelitian, 1(2), 36-44. https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/217.
Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa Di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, 11 (1), 312-330. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/9728.
Wardhani, B., dkk. (2021). Buku Saku Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Wortham, S. C. (2005). Assessment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Education.
Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 41-50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33.
Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
With the receipt of the article by DADJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to DADJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
DADJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
DESKOVI: Art and Design Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.