Pemanfaatan Media Digital Dalam Rekrutmen Tutor Di Sebuah Bimbel Menggunakan Sosial Media Instagram

Authors

  • Anak Agung Gede Adi Mega Putra Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Primakara University
  • Helmy Syakh Alam Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Primakara University
  • I Putu Adik Kreshna Dhana Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Primakara University
  • Christian Ebenhaezer Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Primakara University
  • Stella Modesty Florencia Fakultas Teknologi Informasi dan Digital, Primakara University
  • M. Farkhan Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v7i1.16969

Abstract

Perkembangan teknologi secara signifikan mempengaruhi efektivitas dan kemudahan pengguna dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam proses perekrutan karyawan. Penyebaran informasi lowongan pekerjaan melalui platform digital terbukti efektif dalam membantu masyarakat memperoleh pekerjaan. Studi kasus ini berfokus pada pemanfaatan media sosial sebagai platform perekrutan tenaga kerja di Bimbingan Belajar (Bimbel) Cheerful Course, yang menghadapi permasalahan kekurangan tenaga pengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan pemilik Bimbel serta para tutor yang telah bekerja di sana. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, sangat disetujui oleh pihak Bimbel. Fitur-fitur yang tersedia di Instagram, seperti feeds, reels, stories, dan iklan, memungkinkan jangkauan publik yang lebih luas. Oleh karena itu, penggunaan media sosial sebagai platform perekrutan tenaga kerja merupakan solusi inovatif yang efektif bagi Bimbel Cheerful Course dalam menjangkau kandidat potensial.

Author Biography

M. Farkhan, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

Published

2025-06-20

Issue

Section

Articles