Pendampingan UKM Emas Hitam Untuk Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Siti Mundari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Herlina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • M. Farkhan Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v7i1.16968

Abstract

Limbah batok kelapa banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar dan keperluan rumah tangga,  jika dijual   harganya sangat murah. Batok kelapa yang banyak terdapat di daerah Sawahan Tuban dan sekitarnya diolah oleh UKM Emas Hitam (mitra PKM Untag Surabaya) menjadi produk bernilai tinggi, khususnya briket arang batok kelapa. Briket arang batok kelapa menghasilkan panas yang lebih baik dibandingkan bahan bakar alternatif lainnya. Briket arang batok kelapa lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak merusak tanaman dan tidak berasap. UKM Emas Hitam menghadapi pemasalahan untuk menjual produknya yaitu produk dijual secara grosir oleh tengkulak dari Tuban dan Bojonegoro dalam jumlah terbatas, yang dikemas menggunakan kemasan karung tanpa merek. Strategi pemasaran ini membuat barang-barangnya tidak kompetitif di pasaran, sehingga harganya menjadi lebih murah. Ide untuk mengatasi permasalahan penjualan ini adalah perlunya media informasi, pemasaran, dan penjualan produk melalui Website.Melalui Website tersebut bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar dan memfasilitasi akses pelanggan terhadap informasi produk yang lengkap. Sinergi antara branding yang kuat dan desain Wesite yang menarik akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, sehingga memudahkan perolehan pelanggan baru. Masalah penjualan produk secara grosir tanpa merek dalam karung mengharuskan penggunaan branding dan kemasan yang tepat untuk meningkatkan daya saing pasar dan memungkinkan harga yang lebih tinggi.

Author Biography

M. Farkhan, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

Published

2025-06-20

Issue

Section

Articles