Peran NIB Dan Branding Marketing Dalam Meningkatkan Potensi UMKM Minuman Tradisonal Di Desa Kemuning Sidoarjo

Authors

  • Ika Widya Ardhyani
  • Mohammad Ilham Awalus Syahidin
  • Lena

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v6i2.16810

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa dikarenakan program wajib dalam Tri Dharna Perguruan Tinggi. KKN yang dilakukan di Desa Kemuning, Sidoarjo mempunyai program kerja utama yaitu pembuatan branding marketing dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Program kerja tersebut berdasarkan observasi dan wawancara di lingkungan yang sudah ada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu produksi minuman tradisional. Tujuan dari pembuatana NIB dan branding marketing yaitu sebagai alat penting bagi pelaku usaha untuk mendapatkan legalitas yang sah, serta akses ke berbagai program bantuan pemerintah dan peluang pembiayaan. Metode pelaksanaannya yaitu observasi lapangan, wawancara, kunjungan ke tempat UMKM, mengikuti proses produksi, mendesain logo dan sticker, membuat laporan keuangan dan membuat NIB. Program kerja tersebut menghasilkan NIB dan logo minuman tradisonal milik Ibu Watini.

Published

2024-12-11