Pencegahan Pelecehan Seksual Di Lingkungan Kampus Melalui Program Let's Be A Good Bystanders
DOI:
https://doi.org/10.51804/ajpm.v6i2.16808Abstract
Pelecehan seksual di lingkungan kampus menjadi isu serius di Indonesia, dengan kemunculan kejadian yang signifikan dan dampak psikologis yang mendalam bagi korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan bentuk pencegahan pelecehan seksual di lingkungan kampus. Metode penelitian menggunakan observasi dan wawancara, menggunakan teknik moderately scheduled interview dengan enam mahasiswa aktif dari berbagai kampus di Indonesia dan staf keamanan kampus Ubaya sebagai bystander. Selain itu, dilakukan juga wawancara terhadap satgas “We Care” Ubaya. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil wawancara dengan sembilan subjek yang terdiri dari mahasiswa aktif di beberapa kampus di Indonesia, satgas, dan staf keamanan, penelitian ini mengungkapkan kesadaran tinggi terhadap pelecehan seksual di kalangan mahasiswa meskipun banyak kejadian tidak dilaporkan secara resmi. Respons terhadap pelecehan seksual bervariasi, dengan mayoritas mahasiswa siap bertindak tetapi sering ragu karena kurangnya dukungan kampus. Diperlukan peningkatan sosialisasi kebijakan kampus dan edukasi untuk meningkatkan responsivitas. Sebagai tindakan pencegahan, program "Let's Be a Good Bystander" melalui poster media online diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan responsivitas bystander, lingkungan kampus yang lebih aman dan responsif terhadap pelecehan seksual.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Among : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by Among Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to Among Journal.
Among Journal has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial — You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.