Edukasi Literasi Keuangan Bagi Generasi Muda Di Era Digital

Authors

  • Purnama Syae Purrohman Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Ahmad Ruslan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  • Herdin Muhtarom Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v6i2.16805

Abstract

Tingkat pemahaman tentang pengelolaan keuangan di kalangan Generasi Z dilaporkan sebesar 44,04%, yang 3,94% lebih rendah daripada Generasi Milenial. Dengan perkiraan jumlah populasi Generasi Z mencapai 72,9 juta jiwa pada tahun 2019, hal ini menunjukkan kebutuhan yang signifikan akan pendidikan keuangan, terutama karena tingkat literasi ini berada di bawah ambang batas yang dapat diterima, yaitu 60%. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan pendidikan literasi keuangan yang disesuaikan dengan era digital bagi generasi muda. Tujuan dari upaya komunitas adalah untuk menegaskan pentingnya literasi keuangan di era digital bagi kaum muda. Upaya ini harus menggunakan strategi yang efektif dengan pendekatan praktis, interaktif, kontekstual, dan berkelanjutan dalam mengajarkan literasi keuangan. Kerjasama antara sekolah, pemerintah, lembaga keuangan, dan masyarakat sangat penting untuk memastikan pendekatan literasi keuangan yang holistik dan efektif tersedia untuk semua individu.

Published

2024-12-11