Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Baru Pondok Pesantren An-Nur Sragen Melalui Kegiatan Haflah

Authors

  • Sapardi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Danang Bimo Aji Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v6i1.16571

Abstract

Penyesuaian diri menjadi kompetensi penting untuk dimiliki oleh siswa. Penyesuaian diri dapat mempengaruhi peforma siswa di kelas. Oleh karena itu pengabdian ini fokus untuk meningkatkan penyesuaian diri santri di Pondok Pesantren An-Nur Sragen. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk upaya untuk membantu para santri baru di pondok pesantren An-Nur Gemolong dalam proses penyesuaian diri terhadap lingkungan dan budaya yang baru dengan cara pelaksanaan kegiatan haflah. Pelatihan ini menggunakan metode haflah, metode ini dipilih karena sangat dekat dengan budaya santri. Peserta pelatihan dalam pengabdian ini adalah siswa kelas VII SMP sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan perpedaan kondiis dengan ditunjukkan uji sample t test = -23.591 dengan 0.000 (p < 0.05). hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan pelatihan haflah dengan metode memasak dan makan bersama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan haflah efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.

Downloads

Published

2024-06-05