Implementasi Lomba Mendongeng Terhadap Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar Di Desa Mojoruntut

Authors

  • Adinda Salsabila Kurnia

DOI:

https://doi.org/10.51804/ajpm.v5i1.12223

Abstract

Desa Mojoruntut merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Rendahnya minat literasi menjadi salah satu masalah krusial yang dihadapi oleh siswa sekolah dasar di Desa Mojoruntut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar yaitu membaca, memahami dan menyampaikan informasi bacaan melalui lomba mendongeng. Metode yang diterapkan adalah kuantitatif deskriptif. Terdapat dua teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis obervasi perlombaan mendongeng dan angket minat literasi siswa sekolah dasar. Hasil akhir dari pelaksanaan kegiatan ini adalah peningkatan minat literasi bagi siswa sekolah dasar di Desa Mojoruntut selain itu, respon guru dan wali murid terkait kegiatan lomba mendongeng yang telah dilaksanakan sangat positif. Selain itu, pelaksanaan kegiatan lomba mendongeng bagi siswa sekolah dasar menghasilkan kerja sama yang kuat dan strategis antara tim KKN Universitas PGRI Adibuana dengan instistusi pendidikan di Desa Mojoruntut.

References

Amrullah, M. F., Juniarso, T., Yustitia, V. 2022. Efektivitas Discovery Learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Tenggilis Mejoyo. GentaMulia. Vol. 13. No. 2, pp. 174-183.

Asma, N., & Aulia, N. 2021. Relativitas Dongeng dalam Membumikan Minat Baca Anak-Anak di Kampung Dongeng Blitar. Shaut-Al Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi. Vo. 13. No. 2, pp. 157–176.

Fatimah, Yun Arifatul. 2021. Pengembangan Perpustakaan Negeri Dongeng Bahrul Ulum untuk Meningkatkan Literasi Anak - Anak dan Masyarakat Desa Giyanti. Jurnal Unimma 6(4), 532–537.

Fitriani, Yani dan Azis, I. A. 2019. Literasi Era Revolusi Industi 4.0. Seminar Nasional Bahasasa Dan Sastra. Vol. 3, No. 0, pp. 100.

Islamiyah, H. 2022. Efektivitas Program Literasi Guru dan Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa UPT SPF SD Negeri Beroanging Kota Makassar. Universitas Bosowa.

Permatasari, Ane. 2022. Pendampingan peningkatan kemampuan literasi kader pkk di kapanewon berbah melalui perlombaan mendongeng. Amaliah: Jurnal pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 6. No. 2, pp. 243–249.

Sumaryanti, Lilis. 2018. Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education Vol. 3. No. 1, pp 117.

Downloads

Published

2023-06-19