PENGARUH ATRIBUT SUPERMARKET, HARGA, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN ALFAMART DI KECAMATAN SUKODONO SIDOARJO

Eddy Rosidi

Abstract


Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat yang berbelanja di Alfamart Sukodono
. penelitian ini ditujukan kepada masyarakat yang berbelanja di Alfamart yang berusia 17
tahun sampai dengan usia lebih dari 40 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh atribut supermarket,
harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas Konsumen di
Alfamart Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di wilayah Sukodono Sidoarjo pada
bulan Agustus 2007 dan obyek penelitiannya adalah 3 Alfamart yaitu Alfamart desa Luwung,
Alfamart desa Karangnongko, Alfamart Dungus. Sampel dalam penelitian adalah 120
responden. Data diambil melalui penyebaran kuisioner dan angket.
Analisis data dalm penelitian ini menggunakan program SPSS 16 untuk uji validitas
dan reliabilitas serta menggunakan program AMOS 21 untuk olah data Structural Equation
Modelling ( SEM ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Atribut supermarket
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen, Atribut supermarket
berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas konsumen, Harga berpengaruh tidak
signifikan tehadap Kepuasan konsumen, Harga berpengaruh tidak signifikann terhadap
Loyalitas konsumen, Kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan
konsumen, Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
konsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas
Konsumen.
Kata kunci : Atribut Supermarket, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan
Konsumen dan Loyalitas Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2004). Analisis indikator makro propinsi jawa

timur. Analisis indikator makro dan sosial 2000-2004. Surabaya: Badan Pusat

Statistik Jawa Timur

Bank Indonesia. (2005). Kajian ekonomi regional propinsi jawa timur triwulan

I/2005. Surabaya: Bank Indonesia

Bank Indonesia. (2005).Laporan hasil survei skim kredit perbankan untuk umkm di

jawa timur. Surabaya: Bank Indonesia.

Bel Air, Roger (1988). Cara meminjam uang dari bank. Solo: Dahara.

Chalik, H.A. (2003). Dasar – dasar perkr perkreditan edisi keempat. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Dinas Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah Propinsi Jawa Timur. (2005). Kredit

lunak bagi usaha kecil dan menengah dan koperasi (ukmk) pemerintah propinsi jawa

timur. Surabaya: Dinas Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah Propinsi Jawa

Timur.

Ino & Fendy S. (2005). Psikologi industri dan organisasi. Surabaya: Fakultas Psikologi

Universitas Airlangga.

Rahman, Abdul & S.P, Tiktik. (2002). Ekonomi skala kecil / menengah dan koperasi.

Jakarta: Gahalia Indonesia.

Robbins, Stephen P. (2003). Perilaku organisasi. Jakarta: PT. Indeks.

Tmbunan, Tulus T.H. (2002). Usaha kecil dan menengah di Indonesia : Beberapa isu

penting. Jakarta: Salemba Empat.

Tjoekam, Moh. (1999). Perkreditan : Bisnis inti bank komersial (konsep, teknik dan

kasus). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yin, Robert K. (2002). Studi kasus : Desain dan metode. Jakarta: PT. Rajagrafindo

Persada.




di Publikasikan pada Kampus UMAHA