SISTEM PAKAR UNTUK IDENTIFIKASI PENYAKIT SAYURAN KUBIS MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING BERBASIS GUI

Authors

  • Hany Alrozy Irachman Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i2.71-76

Keywords:

forward chaining, sistem pakar, kol

Abstract

Tanaman Kol (brassica oleraceae) merupakan tanaman jenis sayuran yang berasal dari dataran tinggi berpengaruh dalam ekonomi. Kubis untuk fungsi obat atau herbal kubis dapat dijadikan sebagai obat melonggarkan tekanan darah sehingga dapat terkontrol, mineral kubis juga berfungsi untuk tulang sehat mencegah osteoporosis, untuk mencegah kanker, dikarenakan kubis mengandung antioksidan. Sistem pakar termasuk adalah sistem yang berfungsi untuk kenyataan dan teknik berpikir sehingga bisa mengambil keputusan agar bisa menyelesaikan masalah yang dapat dikerjakan oleh ahlinya dalam bidang yang bersangkutan, sistem pakar menggabungkan penarikan kesimpulan dengan pengetahuan yang diberikan pakarnya, kombinasi dari keduanya disimpan kemudian dipergunakan mengambil keputusan dan ketemu masalahnya. Dalam ini Sistem menggunakan rancangan metode forward chaining untuk memberikan pertimbangan kepada petani sehingga dapat menentukan jenis unggul, hasil berupa kepastian jawaban fakta yang ada berfungsi untuk mesin infrensi, penelitian diukur tingkat keakurasiannya sebesar 80% sehingga sistem didapat berhasil diterapkan mendiagnosa penyakit kubis.

Author Biography

Hany Alrozy Irachman, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Badan Pusat Statistik. (2015). Data produksi tanaman pangan dan hortikultura. Jakarta: Pusat Data Statistik Pertanian.

Bentley, S. D., Chater, K. F., Cerdeño-Tárraga, A.-M., Challis, G. L., Thomson, N. R., James, K. D., … Harper, D. (2002). Complete genome sequence of the model actinomycete Streptomyces coelicolor A3 (2). Nature, 417(6885), 141–147.

Dinas Pertanian. (2017). Peternakan. 2011. Laporan Tahunan. Kabupaten Indramayu.

Fitriani, M. L. (2009). Budidaya tanaman kubis bunga (Brassica oleraceae var botrytis L.) di kebun benih hortikultura (KBH) Tawangmangu. Universitas Sebelas Maret: Program D3 Agribisnis Hortikultura dan Arsitektur Pertamanan.

Irawan, J. (2006). Buku Pegangan Kuliah: SISTEM PAKAR. Surabaya: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer - STIKOM Surabaya.

Kusnanto, J., Dewi, T. S. K., Budiyono, A., Suprapti, E., & Haryuni. (2019). Uji Efikasi Insektisida Bahan Aktif Permetrin 300 g/l Terhadap Populasi Hama Ulat Daun (Plutella xylostella L) Pada Tanaman Kubis (Brassica oleracea). Jurnal Ilmiah Agrineca, 19(2).

Marimin. (2009). Teori dan Aplikasi Sistem Pakar dalam Teknologi Manajerial. Bogor: IPB Press.

Marlyaningrum, A. (2013). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis pada Sistem Komputer. Universitas Widyatama: Sistem Informasi.

Rukmana, R. (1994). Budidaya kubis bunga & brocoli. Yogyakarta: Kanisius.

Yonatha, V. M., & Purnomo, N. H. (2019). Ketahanan Pangan Keluarga Pra Sejahtera di Desa Temuireng Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Swara Bhumi, 5(8), 7–12.

Downloads

Published

2020-12-30