SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID

Authors

  • Moch Fikri Syaifulloh Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i2.59-64

Keywords:

sistem pakar, forward chaining, penyakit paru-paru

Abstract

Dalam perkembangan teknologi seseorang akan memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan tersebut untuk memudahkan setiap pekerjaan dan juga hal-hal lainya. Beberapa contoh perkembangan teknologi yaitu membuat aplikasi sistem pakar dengan metode forward chaining. Penyakit paru-paru merupakan penyakit yang tingkat kematiaannya cukup luas dan dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan suku bangsa. Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menjumpai penyakitnya antara lain Asma, TBC, Pheneumotoraks, pneumonia dan legionnaries. Bantuan teknologi yang ada akan memudahkan dan memberikan fungsi yang sangat berharga. Diagnosa atau gejala–gejala yang sudah kita dapatkan melalui wawancara langsung kepada seorang dokter spesialis diimplementasikan dalam bentuk aplikasi yang mana disini penulis menggunakan berbasis android sehingga masyarakat mampu mendapatkan informasi dengan efektif dan cepat serta aman digunakan juga.

Author Biography

Moch Fikri Syaifulloh, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Amalia, I. M. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Universitas Muhammadiyah Jember: Teknik Informatika.

Arhami, M. (2005). Konsep dasar sistem pakar. Yogyakarta: Andi.

Dessetiadi, I. T., Pujianto, A., & Ardi, M. G. (2016). Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Paru-Paru Menggunakan Algoritma Bayes. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Kusrini. (2006). Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Palguna, D. (2013). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Menggunakan Metode Certainty Factor. Surabaya: STMIK STIKOM.

Rab, T. (2010). Ilmu Penyakit Paru. Jakarta: Trans Info Media.

Sumiati, Badriyah, R. D. M., & Ariyani, A. (2017). Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Paru - Paru Menggunakan Metode Certainty Factor Di Puskesmas Citangkil. Jurnal ProTekInfo, 4.

Downloads

Published

2020-12-30