PERANCANGAN SISTEM PAKAR SEBAGAI PENANGANAN LUKA BAKAR DENGAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS GUI

Authors

  • Ahmad Husain Fahmi Mubarak Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i1.1-6

Keywords:

luka bakar, sistem pakar, forward chaining

Abstract

Pengertian luka bakar adalah sentuhan permukaan anggota tubuh dengan benda yang menjai sumber panas seperti api, air, zat kimia dll. aturan  perhitungan persentase dalam dunia medis biasa menggunakan Rule of Nine untuk menghitung persentase luka bakar dan digunakan untuk membantu mengambil keputusan pengobatan, saat ini perhitungan persentase luka bakar dan menentukan penanganan yang tepat masih secara manual, maka dari itu dibuatlah sistem pakar penanganan luka bakar, yaitu sebuah sistem menggunakan fakta dalam pengambilan keputusan atas permasalahan yang biasa ditangani oleh tenaga ahli atau pakar dalam bidangnya diolah dengan metode tertentu, sehingga diperoleh hasil akhir sebuah persentase dan penanganan mensggunakan metode forward chaining, dengan aturan dan pernyataan sesuai dengan fakta-fakta yang diperoleh untuk mendapatkan fakta baru lalu dilanjutkan proses pencarian kesimpulan sehingga didapat hasil akhir yang sesuai atau sampai tidak ada lagi pernyataan yang sesuai fakta.

Author Biography

Ahmad Husain Fahmi Mubarak, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Gulo, A. A. H. S., & Syahrizal, M. (2018). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Hemofilia Pada Manusia Menerapkan Metode Case Based Reasoning. Pelita Informatika: Informasi Dan Informatika, 6(3).

Haryanta. (2009). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS Terpadu Versi 3) Terhadap Kinerja Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2).

Ismail. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Anemia Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4356/1/ISMAIL.pdf

Muhlisin, A., & Honestdocs Editorial Team. (2019). Menentukan Derajat Luka Bakar Dengan Mudah | HonestDocs. Retrieved January 8, 2019, from https://www.honestdocs.id/derajat-luka-bakar

Saputri, M. P. N., Isnanto, R. R., & Windasari, I. P. (2017). Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Gastroenteritis Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 5(3), 110–114.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles