ALARM PERINGATAN DINI POTENSI BANJIR BERBASIS ARDUINO 2560 DENGAN SENSOR ULTRASONIC

Authors

  • Citra Ayu Maulidia Univesitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v2i1.21-28

Keywords:

sensor ultrasonic, ketinggian air, sms gateway, arduino mega 2560, buzzer

Abstract

Banjir merupakan permasalahan yang kerap melanda setiap tahunnya. Melalui Prototype alarm peringatan dini potensi banjir berbasis arduino 2560 ini untuk monitoring ketinggian air. Menggunakan sensor ultrasonic HC-SR04 dan data ketinggian air dapat dilihat pada display LCD 16x2 yang terpasang pada alat. Informasi ketinggian air ini juga dapat diketahui melalui SMS yang dikirimkan ke handphone berisi informasi debit air dengan modul GSM SIM 800 Shield dan buzzer digunakan untuk mengeluarkan suara alarm pada pintu air ketika debit air melebihi batas normal bermanfaat bagi orang-orang yang berada disekitar aliran sungai, petugas pintu air dll. Sistem Peringatan Dini sebagai mata rantai antara tindakan kesiagaan dengan kegiatan tanggap darurat akan menghasilkan kegiatan respon yang mengarah kepada penanggulangan kerugian akibat bencana sehingga dapat dikurangi.

Author Biography

Citra Ayu Maulidia, Univesitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

Fakultas Teknik

References

Barwani, M. (1996). Prinsip–prinsip Elektronika Edisi ke-3 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Djuandi, F. (2011). Pengenalan arduino. E-Book. Www. Tobuku, 1–24.

Kho, D. (n.d.). Pengertian LED (Light Emitting Diode) dan Cara Kerja LED. Retrieved May 9, 2018, from https://teknikelektronika.com/pengertian-led-light-emitting-diode-cara-kerja

Nur Ikhwan, Y. (2017). Sistem Pemantauan Ketinggian Air dan Kendali Pintu Bendungan dengan Pemanfaatan SMS Sebagai Peringatan Dini Banjir. Politeknik Negeri Padang.

Sukarjadi, S., Arifiyanto, A., Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 101-110.

Sulistyowati, R., Sujono, H. A., & Musthofa, A. K. (2015). Sistem Pendeteksi Banjir Berbasis Sensor Ultrasonik Dan Mikrokontroler Dengan Media Komunikasi Sms Gate Way. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan III, 49–57.

Tenggono, A., Wijaya, Y., & Kusuma, E. (2015). Sistem Monitoring dan Peringatan Ketinggian Air berbasis Web dan SMS Gateway. Sisfotenika, 5(2), 119–129.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles