APLIKASI PANDUAN OBJEK WISATA ALAM GRESIK BERBASIS ANDROID DENGAN METODE HAVERSINE

Authors

  • Retno Hardiyanti Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v2i1.67-74

Keywords:

sistem aplikasi, android, unified modeling language, global positioning system, application programing, interface

Abstract

Kecanggihan teknologi saat ini yaitu Google Maps, yang merupakan sebuah jasa peta globe virtual dan online. Google Maps menawarkan peta yang dapat diseret yang diambil dari satelit, maka dapat diimplementasikan dan dikembangkan sebuah sistem informasi geografis berbasis Android dengan menggunakan Global Positioning System (GPS) yang nantinya dapat membantu wisatawan untuk mengetahui tempat wisata terdekat yang akan dituju saat berkunjung(berada) di wilayah Gresik. Dirancang sebuah  aplikasi berbasis Android untuk mengenalkan beragam objek wisata di wilayah Gresik tersebut kepada mas yarakat maupun wisatawan, maka diperlukan inovasi  yang baru dan tepat agar lebih mudah dipahami. Agar masyarakat maupun wisatawan mengetahui seluruh objek wisata di wilayah Gresik. Salah satu cara untuk  mendorong tercapainya  pemahaman yang efektif, digunakanlah  media panduan  yang berbasis mobile.

Author Biography

Retno Hardiyanti, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

Fakultas Teknik

References

Anam, K., & Hartono, O. D. (2019). Aplikasi Pemandu Pencarian Wisata Terdekat Berbasis GIS Android Dengan Algoritma Dijkstra. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 3(1), 91. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v3i1.99

Khairina, D. M., Ramadhinata, F. W., & Hatta, H. R. (2017). Pencarian Lokasi Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Terdekat Menggunakan Haversine Formula (Studi Kasus Kota Samarinda). Prosiding SENIATI, 3(1), 10–11.

Prasetyo, D., & Hastuti, K. (2015). Penerapan Haversine Formula Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Dan Informasi Gereja Kristen Di Semarang Berbasis Mobile. Skripsi Tek. Inform. Univ. Dian Nuswantoro.

Pratiwi, M. R. (2014). PEMBUATAN APLIKASI MOBILE GIS BERBASIS ANDROID UNTUK INFORMASI PARIWISATA DI KABUPATEN WONOGIRI MENGGUNAKAN SOFTWAREAPP INVENTOR ANDROID (Universitas Gadjah Mada). Retrieved from http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=64463

Purmadipta, B., Anra, H., & Irwansyah, M. A. (2015). Sistem Informasi Geografis Perumahan dan Fasilitas Sosial Terdekat dengan Metode Haversine Formula. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 4(1), 104–109.

Putra, R. H. D., Sujaini, H., & Safriadi, N. (2015). Penerapan Metode Haversine Formula Pada SistemInformasi Geografis Pengukuran Luas Tanah. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 4(1), 157–162.

Sulistyanto, H., & Nurgiyatna. (2014). Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Wisata Solo Raya pada Perangkat Mobile. Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan Dan Industri , Simposium Nasional Ke-13 RAPI 2014. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/5472

Tristiantoro, H., Sutanto, T., & Sutomo, E. (2012). Aplikasi Panduan Wisata Belanja Menggunakan Indoor Maps Berbasis Android Di Surabaya (Studi Kasus: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya). Jurnal JSIKA, 1(1).

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles