SISTEM INFORMASI CURAH HUJAN DENGAN NODEMCU BERBASIS WEBSITE

Authors

  • Nurul Laili Mufidah University Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v1i1.25-34

Keywords:

sensor curah hujan, nodemcu, website

Abstract

Tidak dipungkiri dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, seseorang akan memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan tersebut untuk memudahkan setiap pekerjaan dan juga hal-hal lainya. Dalam implementasinya saat ini pendeteksi cuaca untuk mengantisipasi setiap kejadian sangatlah diperlukan. Dengan bantuan teknologi yang ada, akan member kemudahan dan fungsi yang sangatbermanfaat. Salah satu informasi yang diperlukanya itu pendeteksi curah hujan yang sangat berguna baik dalam mengetahui intensitas curah hujan pada suatu tempat sehingga bisa mengurangi dampak buruk yang akan terjadi seperti bencana banjir dan tanah longsor. Pada pembuatan sistem ini alat mendapatkan informasi dari sensor curah hujan dan NodeMCU serta hasil output yang ditampilkan pada website dan Android pun membuat masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan informasi.

Author Biography

Nurul Laili Mufidah, University Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Achmadi, S., Sumardi, S., & Setiawan, I. (2011). Penakar Curah Hujan Otomatis Dengan Data Logger SD/MMC Berbasis SMS (Short Message Service). Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

Aisuwarya, R., Yendri, D., Kasoep, W., Amelia, K., & Arifnur, A. A. (2016). Prototipe Sistem Prakiraan Cuaca Berdasarkan Suhu dan Kelembapan Dengan Metode Logika Fuzzy dan Backpropagation Berbasis Mikrokontroler. Prosiding Semnastek.

Anton, M. M. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka. Jakarta.

Arbie, E. (2000). Pengantar Sistem Informasi Manajemen. Edisi Ke-7, Jilid, 1, 88.

Ashari, M. I., & Indrajaya, T. (2010). Sistem Data Logger Sebagai Monitoring Dan Pelaporan Curah Hujan Berbasis Mikrokontroler AT89S8252. Jurnal Elektro ELTEK, 1(1).

Budi, S., & Dharma, O. (2002). Perancangan & Pengembangan Sistem Informasi. Andi: Yogyakarta.

Dewanto, I. J. (2006). Web Desain (Metode Aplikasi dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djojodihardjo, H. (1984). Pengantar Sistem Komputer. Erlangga.

Evita, M., Mahfudz, H., Suprijadi, S., Djamal, M., & Khairurrijal, K. (2011). Alat Ukur Curah Hujan Tipping-Bucket Sederhana dan Murah Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Otomasi Kontrol Dan Instrumentasi, 2(2), 69.

Fathansyah. (2002). Basis Data. In Informatika. Bandung: Informatika.

Galih Permana, R. (2015). Perancangan Dan Pengujian Penakar Hujan Tipe Tipping Bucket Dengan Sensor Photo–Interrupter Berbasis Arduino. Inovasi Fisika Indonesia, 4(3).

Geeknesia is the First Internet of Things Technology and Innovation Platform in Indonesia for projects where creative people meet enthusiast supporters and together take part in innovation and economic progress. | Rainfall Information System. (2015). Retrieved September 10, 2018, from http://geeknesia.com/projects/rainfall-information-system

Indrajit, R. E. (2001). Analisis dan perancangan sistem berorientasi object. Bandung: Informatika.

Iswanto, I., & Raharja, N. M. (2010). Sistem monitoring dan peringatan dini tanah longsor. Simposium Nasional RAPI IX 2010, 54–62.

Jogiyanto, H. M. (2005). Sistem teknologi informasi. Andi. Yogyakarta.

Muliantara, A., ER, N. A. S., & Widiartha, I. M. (2015). Perancangan alat ukur ketinggian curah hujan otomatis berbasis mikrokontroler. Jurnal Ilmu Komputer, 8(2).

Mustar, M. Y., & Wiyagi, R. O. (2017). Implementasi Sistem Monitoring Deteksi Hujan dan Suhu Berbasis Sensor Secara Real Time. Semesta Teknika, 20(1), 20–28.

Nasri, A. A. (1978). Beberapa Alat Pengukur Cuaca di Stasiun Klimatologi Pertanian. Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Ningsih, D. H. U. (2012). Metode thiessen polygon untuk ramalan sebaran curah hujan periode tertentu pada wilayah yang tidak memiliki data curah hujan. Dinamik, 17(2).

Ontoseno, R. D. H., Haqqi, M. N., & Hatta, M. (2017). Limitasi Pengguna Akses Internet Berdasarkan Kuota Waktu dan Data Menggunakan PC Router OS Mikrotik. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 125–130.

Sukarjadi, S., Arifiyanto, A., Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 101-110.

Downloads

Published

2018-12-30