PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KOPI SS DI PT. SJ

Authors

  • Ika Widya Ardhyani Universitas Maarif Hayim Latif
  • Moch. Aris Ariyanto Universitas Maarif Hayim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v4i1.760.1-6

Keywords:

cacat produk, dpmo, six sigma

Abstract

PT. SJ merupakan perusahaan yang memproduksi biji kopi sangrai. Salah satu merek unggulannya adalah kopi SS. Namun, dalam proses produksi kopi SS masih ditemukan cacat produk. Oleh karena itu, PT. SJ perlu melakukan pengendalian kualitas agar dapat meminimalkan cacat produk tersebut. Metode six sigma sering digunakan oleh perusahaan dalam pengendalian kualitas produk dengan meminimasi jumlah defect. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui jika proses produksi kopi SS memiliki kapabilitas proses yang masih rendah. Tampak pada nilai DPMO yang masih cukup tinggi, yaitu 50,415 dalam satu juta kesempatan. Serta diketahui jenis cacat yang paling dominan pada produk kopi SS adalah cacat pada rasa yaitu sebesar 56%. Maka diberikan usulan perbaikan pada faktor mesin, manusia, metode, dan material agar meminimalkan cacat produk kopi SS PT. SJ.

Author Biographies

Ika Widya Ardhyani, Universitas Maarif Hayim Latif

Teknik Industri, Fakultas Teknik

Moch. Aris Ariyanto, Universitas Maarif Hayim Latif

Teknik Industri, Fakultas Teknik

References

Buffa, E. W. (1989). Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Keen). Jakarta: Erlangga.

Caesaron, D., & Simatupang, S. Y. P. (2015). Implementasi pendekatan DMAIC untuk perbaikan proses produksi pipa PVC (studi kasus PT. Rusli Vinilon). Jurnal Metris, 16(2), 91–96.

Ekoanindiyo, F. A. (2014). Pengendalian Cacat Produk Dengan Pendekatan Six Sigma. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 8(1), 35–43.

Gaspersz, V. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma: Terintegrasi Dengan ISO 9001 dan HACCP. PT. Gramedia Pustaka Tama.

Gaspersz, V. (2006). Total Quality Managemen - Untuk Praktisi Bisnis dan Industri. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles