ANALISA RISIKO K3 DENGAN PENDEKATAN HAZARD AND OPERABILITY STUDY (HAZOP)

Dini Retnowati

Abstract


CV. SS belum menerapkan manajemen K3 secara baik sehingga menyebabkan timbulnya beberapa kecelakaan kerja serta kesehatan para pekerja mengalami gangguan akibatnya proses produksi CV. SS menjadi terganggu. Sedangkan untuk memenangkan persaingan, CV.SS harus bisa memberikan pelayanan yang unggul dengan cara memberikan kualitas yang baik, pengiriman yang tepat waktu, memberikan harga yang bersaing dan memberi respon yang cepat dan baik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk melakukan analisis risiko terhadap keselamatan dan kesehatan kerja yang terjadi di CV. SS, sehingga CV, SS dapat melakukan tindakan pengendalian dan pencegahan terhadap bahaya yang muncul di tempat kerja. Dari pendekatan metode Hazop diperoleh 5 sumber hazard yang muncul dimana sumber hazard conveyor bahan memiliki tingkat risiko paling tinggi sehingga mendapat prioritas terlebih dahulu untuk diperbaiki.

Keywords


hazop, k3; risk matriks; risiko

Full Text:

PDF

References


Asfahl, C. R., & Rieske, D. W. (1999). Industrial safety and health management (p. 4). Prentice Hall.

Pujiono, B. N., Tama, I. P., & Efranto, R. Y. (2013). Analisis Potensi Bahaya Serta Rekomendasi Perbaikan Dengan Metode Hazard and Operability Study (HAZOP) Melalui Perangkingan OHS Risk Assessment and Control (Studi Kasus: Area PM-1 PT. Ekamas Fortuna). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 1(2), p253-263.





Jurnal ini terindeks : Google ScholarMendeleyPKP IndexJIFACTORJournal Factor, Indonesia ONESearchBielefeld Academic Search Engine

              


Tautan :

          


Creative Commons License
Teknika : Engineering and Sains Journal licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. 

ISSN 2579-5422 (online)
ISSN 2580-4146 (print)

View My Stats

Free counters!

  

Penerbit
Fakultas Teknik
Universitas Maarif Hasyim Latif

Panduan untuk menulis silakan unduh di sini

Alamat Sekretariat/Redaksi
LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Sidoarjo (61257)
Telp. 031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : teknika@ft.umaha.ac.id
URL : http://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika