STRATEGI PENGEMBANGAN SENTRA INDUSTRI KECIL MENENGAH PRODUKSI KRUPUK

M. Adhi Prasnowo, Arif Khomaruddin, Khoirul Hidayat

Abstract


Pengembangan ekonomi kerakyatan merupakan strategi pembangunan yang menempatkan sector ekonomi rakyat sebagai sasaran utama pembangunan. Landasan ekonomi dalam negeri dengan sendirinya dapat terbangun dari perekonomian Indonesia akan mampu lebih mandiri, kokoh dan tidak tergantung dengan perekonomian luar negeri. Sesuai dengan pemikiran dan strategi di atas, maka arah kebijaksanaan ekonomi nasional perlu ditujukan pada sektor-sektor yang sarat dengan kepentingan rakyat, terkait dengan potensi dan kapasitas rakyat, serta sekaligus sesuai dengan sumber-sumber lokal sendiri yang tersedia. Dalam konteks ini sektor industri kecil merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan merupakan salah satu langkah untuk membangun ekonomi kerakyatan. Industri pembuatan kerupuk merupakan salah satu produk unggulan di Sidoarjo yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Hal ini dimungkinkan karena pembuatan kerupuk berdasarkan identifikasi dan pemilihan Klaster pengembangan ekonomi lokal (KPEL) mempunyai peranan yang benar dalam menciptakan kesempatan kerja, mengentaskan kemiskinan, dan distribusi pendapatan. Dari hasil penelitian yang ditunjukkan pada matriks QSPM yang didasarkan pada tiga alternatif strategi yang muncul pada tahap pencocokan (matching stage) yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk dapat diketahui bahwa nilai tertinggi terletak pada strategi “meningkatkan kapasitas produksi“ yaitu sebesar 7,380. Strategi meningkatkan kapasitas produksi ini agar bisa mencukupi kebutuhan pasar yang mengalami peningkatan, serta bisa menjaga persaingan yang semakin ketat.

Keywords


ikm krupuk; manajemen strategi; pengembangan sentra industri kecil menengah

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P., & Sudantoko, H.D. (2002). Koperasi, kewirausahaan, dan usaha kecil. Penyalur tunggal, Rineka Cipta.

David, F. R. (2009). Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep Buku 1-12/E.

Hurst, K. (2006). Prinsip-Prinsip Perancangan Teknik. Erlangga. Jakarta.

Kurniawati, T., & Sari K B, D. K. (2011). Analisis dan Pilihan Strategi: Membangun Esksistensi Perusahaan di Masa Krisis. Ekonomi Bisnis, 14(3).

Leary, J. (2008). Design of a Novel Product Using Waste Material. Department of Mechanical Engineering, The University of Sheffield.

Prasnowo, A. (2008). Perancangan Produk dengan Metode Pembobotan Kriteria dan Pemilihan Konsep Menggunakan Binary Dominance Matrix, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Trunojoyo.

Rini, E.S. (2002). Mengenal Pesaing dan Intesitas Persaingan. Publikasi Ilmiah, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen Ekonomi, Universitas Sumatra Utara.

Soetrisno, N. (2002). Pengembangan UKM, Ekonomi Rakyat Dan Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta.

Wijaya, K. (2002). Analisis Pemberdayaan Usaha Kecil. Pustaka Wirausaha Muda. Bogor.

Zinn, L., & Power, C. (1992). Move Over, Boomers: The Busters are Here—and They're Angry'. Business Week, 329, 74-82.





Jurnal ini terindeks : Google ScholarMendeleyPKP IndexJIFACTORJournal Factor, Indonesia ONESearchBielefeld Academic Search Engine

              


Tautan :

          


Creative Commons License
Teknika : Engineering and Sains Journal licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. 

ISSN 2579-5422 (online)
ISSN 2580-4146 (print)

View My Stats

Free counters!

  

Penerbit
Fakultas Teknik
Universitas Maarif Hasyim Latif

Panduan untuk menulis silakan unduh di sini

Alamat Sekretariat/Redaksi
LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Sidoarjo (61257)
Telp. 031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : teknika@ft.umaha.ac.id
URL : http://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika