PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE SAW DAN AHP UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN BARU

Authors

  • Arista Qiyamullailiy Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Silvia Nandasari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya
  • Yusuf Amrozi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v4i1.487.7-12

Keywords:

decision support system, simple additive weight, analytical hierarcy process

Abstract

Dengan menggunakan konsep Decision Support System (DSS) akan membantu manusia untuk pengambilan keputusan dengan mudah. Salah satu pemanfaaatan DSS yakni dalam penerimaan karyawan baru. Dengan beberapa metode yang digunakan untuk DSS. Penulis membandingkan metode SAW dan AHP yang sangat banyak digunakan dalam manajemen perusahaan di Indonesia. Metode penelitian pada artiel ini adalah uji pustaka yaitu mendiskripsikan konsep dan implementasi dari penelitian yang terdahulu yang terkait. Dengan uji pustaka perbandingan antara model AHP dan SAW akan lebih mudah dan jelas. Hasil dari uji pustaka ini yaitu data yang dimasukkan dalam jumlah besar lebih relevan menggunakan metode SAW dan apabila data yang akan diinputkan lebih sedikit maka menggunakan metode AHP akan lebih relevan untuk diimplementasikan.

Author Biographies

Arista Qiyamullailiy, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

Sistem Informasi

Silvia Nandasari, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

Sistem Informasi

Yusuf Amrozi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

Sistem Informasi

References

Amrozi, Y. (2017). Simulasi dalam Manajemen Pengambilan Keputusan menggunakan AHP. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri, 736–746.

Anjarwati, S., & Indra, M. S. N. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan metode Analytical Hierarchy Process pada PD Tunas Bersama Yamansari Kabupaten Tegal. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 5(2).

Destari, S., & Simpony, B. K. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Wedding Organizer Menggunakan Metode AHP. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(2).

Fashoto, S. G., Amaonwu, O., & Afolorunsho, A. (2018). Development of A Decision Support System on Employee Performance Appraisal using AHP Model. JOIV: International Journal on Informatics Visualization, 2(4), 262–267.

Kusumadewi, S., & Hartati, S. (2006). Neuro-Fuzzy: Integrasi Sistem Fuzzy dan Jaringan Syaraf. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumantara, P. M., Kustyani, M., & Ayu, T. (2019). Analisis Perbandingan Metode SAW Dan WP Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Di Surabaya. Teknika: Engineering and Sains Journal, 3(1), 19–24.

Munthe, H. G. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting. Pelita Informatika Budi Darma, 4(2).

Nurmi, A. A., & Aklani, S. A. (2014). Membangun Decision Support System (DSS) Online Penelitian Dosen Dengan Metode Analytical Hierarchycal Process (AHP).

Saaty, T. L. (1970). Multicriteria Decision Making: The Analytic Hierarchy Process: Planning, Priority Setting Resource Allocation. 1990. RWS Publications, Pittsburgh City, PA.

Saputra, Y. A., & Indonesia, T. I. (2014). Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala di Museum Geologi Bandung. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1–8.

Sprague, R. H., & Watson, H. J. (1993). Decision Support Systems: Putting Theory Into Practice. Englewood Clifts. NJ, Prentice Hall.

Sunardi, T. B., & Kriestanto, D. (2016). Perbandingan AHP Dan Saw Untuk Pemilihan Pegawai Terbaik (Studi Kasus: Stmik Akakom Yogyakarta). Teknik Infomatika, Stmik Akakom Yogyakarta, Seminar Riset Teknologi Informasi (SRITI) Tahun 2016.

Supriyatna, A., & Ekaputra, D. (2017). Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Pemilihan Ketua Osis. Jurnal PETIR, 10(1), 71–76.

Umar, R., Fadlil, A., & Yuminah, Y. (2018). Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(1), 27–34.

Wainright, E. M., & Martin, E. W. (2002). Managing information technology. Prentice Hall.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles