E-BUSINESS COOPERATION DALAM PEMANFAATKAN MEDIA MIT APP INVENTOR DAN WEB BOOTSTRAP SEBAGAI PLATFORM UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PROBOLINGGO

Authors

  • Moh. Ainol Yaqin Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Abdullah Al Anis Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v3i1.401.13-18

Keywords:

android, e-business cooperation, mit app inventor, multi-produsen, web

Abstract

Lapangan pekerjaan pada zaman sekarang sangat sulit didapat sehingga beberapa orang atau kelompok membuat usaha sendiri atau disebut berwirausaha, penerapan kegiatan ini banyak diwadahi dalam bentuk Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Akan tetapi kesulitannya adalah dalam segi pemasaran, produk yang unik dan bagus tidak banyak tahu sehingga daya jualnya minim dan laba tidak besar, produk tersebut merupakan potensi lokal yang tidak terjajah dan perlu dikembangkan. Dari permasalahan tersebut, dibuatlah aplikasi E-business Cooperation dengan Multi Produsen berbasis MIT App Inventor dan Web bootstrap, yang dapat membantu dan mempermudah dalam mewadahi produk untuk dikenalkan ke daerah-daerah di luar bahkan bisa go Internasional.. Aplikasi ini menggunakan dua media yaitu website diimplementasikan dengan Web Bootstrap dan berbasis android mobile dengan menggunakan MIT App Inventor. Dengan menggunakan dua media ini, dapat menyentuh segala aspek masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan zaman globalisasi. Formulasi konsep teknologi ini, memberikan kemudahan pada pengguna, yaitu dapat mengelolah produk-produk tersebut dan mengetahui produk-produk yang sudah dibeli oleh konsumen. Dengan adanya aplikasi tersebut memberikan kemudahan pada pihak kedua yaitu multi-produsen dalam memasarkan dan mengontrol barang tersebut dengan mudah dan efektif, karena sistem menggunakan E-business Cooperation saling menguntungkan, membantu dan sama-sama meningkatan produk pada setiap multi-produsen.

Author Biographies

Moh. Ainol Yaqin, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Abdullah Al Anis, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Humaniora, Fakultas Sosial dan Hukum

References

Ariyani, W., Hanantjo, D., & Purnama, B. E. (2015). e-Commerce web development in wiga art. International Journal of Science and Research (IJSR), 4(5), 379–384.

Chotimah, S. E., & Handayaningsih, S. (2017). Implementasi Zachman Framework untuk Pemodelan dan Perancangan Sistem E-Commerce pada Sektor Perdagangan IKM. Telematika, 13(1).

Fauzi, Y. (2017, March). Ranking Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Turun ke-113. CNN.

Gwija, S. A., Eresia-Eke, C., & Iwu, C. G. (2014). Challenges and Prospects of Youth Entrepreneurship Development in a Designated Community in the Western Cape, South Africa. Journal of Economics and Behavioral Studies, 6(1), 10–20. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n1p61

Kim, Y., & Peterson, R. A. (2017). A Meta-analysis of Online Trust Relationships in E-commerce. Journal of Interactive Marketing, 38, 44–54. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2017.01.001

Lazar, S. (2015). The importance of educational technology in teaching. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 3(1).

Lemmetyinen, A. (2010). The coordination of cooperation in tourism business networks.

Lloyd, A. (2018). Zoltán J. Ács László Szerb Ainsley Lloyd. The Global Enterpreneuship Index.

Purba, M. (2016). Kemasan dan Pemasaran Online Roti Ubi Talas dalam Rangka Menambah Penghasilan Ibu-Ibu PKK Tanjung Gusta. JIPN (Journal of Informatics Pelita Nusantara), 1(1), 24–27.

Shah, M. Q. (2015). Responsive Web Development using The Twitter Bootstrap. Bachelor’s Thesis Degree Programme: Information Technology Specialisation: Internet Technology 2015, 1–42.

Valešová, L., Herák, D., Shinoda, K., Mazancová, J., & Verner, V. (2017). The nexus between food insecurity and socioeconomic characteristics of rural households in Western Indonesia identified with Food and Nutrition Technical Assistance’s approach by USAID. Agronomy Research, 15(3), 921–934.

Wolber, D., Abelson, H., & Friedman, M. (2015). Democratizing computing with app inventor. GetMobile: Mobile Computing and Communications, 18(4), 53–58.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles