PENGARUH PERENDAMAN KERANG DARAH (Anadara granosa) DENGAN PERASAN JERUK NIPIS TERHADAP KADAR MERKURI (Hg) DAN KADMIUM (Cd)

Dheasy Herawati, Soedaryo Soedaryo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman kerang darah dengan perasan jeruk nipis terhadap kadar merkuri dan cadmium. Kerang dapat mengakumulasi logam berat yang terdapat dalam perairan, sehingga dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Salah satu upaya untuk menurunkan kadar logam berat adalah dengan penambahan jeruk nipis (Citrus aurantifolia) karena kandungan asam sitrat yang dapat mengikat logam berat. Kadar merkuri dan cadmium pada kerang darah diukur dengan AAS sebelum dan sesudah perendaman dengan perasan jeruk nipis selama 10, 20 dan 30 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar merkuri dan Cadmium pada kerang darah

Keywords


Kerang Darah; Jeruk Nipis; Merkuri; Kadmium

Full Text:

PDF

References


Astarini, Niluh Putu Febrina, dkk. 2010. Minyak Atsiri dari Kulit Buah Citrus grandis, Citrus aurantium (L.) dan Citrus aurantifolia (RUTACEAE) Sebagai Senyawa Antibakteri dan Insektisida. Prosiding KIMIA FMIPA – ITS. Surabaya.

Darmono. 2001. Lingkungan Hidup dan Pencemaran (Hubungannya dengan Toksikologi Senyawa Logam ). Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Hariana, Drs. H. Arief. 2006. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Penebar Swadaya Wisma Hijau. Jakarta. Kompas. Kerang Pantura Tercemar Logam Berat, (http://www.goblue.or.id/kerang- pantura-tercemar-logam-berat-2), diakses 9 Desember 2014

Murtini, Jovita Tri. dkk. 2008. Pengaruh Waktu Perendaman Dan Konsentrasi Karboksimetil Kitosan Untuk Menurunkan Kandungan Logam Berat Hg, Cd, Dan Pb Pada Kerang Hijau (Perna Viridis Linn.). Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Vol. 3 No. 1, Juni 2008.

Putri, Fitriana Intan. 2010. Kandungan Logam Berat Hg, Cd, dan Pb pada Kerang Darah (Anadara granosa) di Perairan Teluk Lada, Kabupaten Pandeglang, Banten. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

SNI (19 – 2896 – 1992). 1992. Cara Uji Cemaran Logam.

Sudarmadji, J. Mukono, dan Corie I. P. 2006. Toksikologi Logam Berat B3 Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan. Jurnal Kesehatan Lingkungan,VOL. 2, NO.2, Maret 129 – 142.

Suprapti, N. H. 2008. Kandungan Chromium pada Perairan, Sedimen dan Kerang Darah Anadara granosa L. di Wilayah Pantai Sekitar Muara Sayung, Desa Morosari Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Diponegoro.

Suwignyo, S dkk 2005, Avertebrata Air, Penebar Swadaya, Jakarta.




Copyright (c) 2017 SainHealth